Senin, 07 Juli 2008

Seruput Sapo Tahu Seafood Hangatkan Udara Puncak

Bogor, Jurnal Bogor

Memang nikmat rasanya menyantap makanan berkuah panas-panas ditemani dengan derasnya hujan yang akhir-akhir ini menyapa wilayah Puncak. Apalagi ditambah sambal yang membuat bibir kita sedikit jontor karena kepedasan, kian meningkatkan selera makan. Makanya tak salah, banyak kaum hawa sedikit berhati-hati ketika musim hujan tiba, karena nafsu makan bertambah.

Namun tak perlu khawatir, bagi kaum hawa yang takut gemuk, ada jenis makanan berkuah yang sehat yaitu Sapo Tahu Seafood. Menu yang ditawarkan oleh Rumah Makan Saung Kuring itu mengandung banyak sayuran yang menyehatkan tubuh.

“Awalnya sapo tahu seafood ini hanya sebagai menu pelengkap saja, tapi animo pelanggan ternyata cukup baik,” ungkap Sesiliawati, pengelola Rumah Makan Saung Kuring kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Dikatakan Sesiliawati yang akrab disapa Wati itu, isi dari sapo tahu seafood ini cukup variatif, mulai dari tahu cina, wortel, jagung semi, sawi putih, bawang bombay, jamur hioko, jamur kuping dan udang.

“Berbagai jenis sayuran itu, membuat pelanggan tidak malas beraktifitas walaupun sudah kekenyangan,” paparnya seraya menambahkan, Rumah Makan Saung Kuring berlokasi di Jl. Raya Puncak Km. 75, Cipayung, Bogor.

Uniknya, Saung Kuring mampu mensiasati pengolahan sapo tahu yang sangat lunak dan sensitif. Banyak masakan yang menyajikan sapo tahu dengan cara dicincang halus sebab teksturnya yang lembut membuat jenis tahu itu mudah hancur.

“Sebelum dimasak, sapo tahu terlebih dahulu dibaluri dengan kocokan telur lalu digoreng sebentar,sehingga teksturnya tidak mudah hancur,” jawabnya ketika ditanya bagaimana proses pengolahannya.

Saat dicicipi, kelembutan sapo tahu itu mendominasi kenikmatan disetiap suapan. Kekenyalan tahu dan krekesnya balutan kocokan telur semakin memantapkan lidah, apalagi ketika campuran seafood serta jamur kuping dan hioko yang membuat kuahnya terasa gurih dan sedikit manis. Kuahnya yang kental, benar-benar menghangatkan perut akan dinginnya cuaca Puncak saat itu.

Menurut Wati, Sapo Tahu Seafood merupakan salah satu menu dari Chinesse Food. Walapun pada awalnya pelanggan mencari masakan sunda yang menjadi ciri khas Saung Kuring, namun nampaknya Chinesse Food cukup mendapatkan tempat di hati pelanggan. ”Hal itu terbukti, dari banyaknya pelanggan yang datang, tercatat sekitar 20 persen yang memesan Chinesse Food,” ucap Ibu dari Tiffany itu.

Dan ternyata, di Saung Kuring sapo tahu tidak hanya digunakan pada satu jenis masakan, melainkan ada masakan lain yang juga dilengkapi sapo tahu, yakni Ikan Gurame Tahu Tausi yang akan diungkap secara menyeluruh pada edisi berikutnya.

Julvahmi/Nasia Freemeta

Tidak ada komentar: