Selasa, 08 Juli 2008

Jesslyn K. Cakes & Cafe

Cappuccino Bun Tak Bikin Tambun

Bogor, Jurnal Bogor

Ketika menelusuri Bogor Trade Mall (BTM) siang itu, petualang rasa jati Jurnal Bogor pun berkesempatan menyambangi Jesslyn K. Cakes & Cafe yang berlokasi di salah satu sudut ground floor BTM. Ketika memasuki area displaynya, aroma kue-kue dan roti merebak dengan cepat menyelubungi indra penciuman ini, membuat suasana hati menjadi nyaman.

Di tempat itu, kasir Jesslyn K. Cakes & Cafe BTM, Dewi mengatakan, manager outlet sedang tidak hadir, sehingga hanya Cook Baker Widodo yang kompeten dan memiliki wewenang untuk menjawab pertanyaan seputar citarasa sajian dan program promosi Jesslyn K. Cakes & Cafe yang dipasang di depan pintu masuk gerai kafe itu.

Dikatakan Widodo, saat ini Jesslyn K. Cakes & Cafe BTM tengah mengadakan program promosi diskon 50 persen untuk pembayaran yang menggunakan kartu kredit Bank Mandiri. “Program promosi itu akan berlangsung hingga 30 Juni 2008 nanti,” ujar Widodo kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Widodo juga mengatakan, Jesslyn K. Cakes & Cafe BTM merupakan gerai dari produsen kue yang didirikan 16 Agustus 2003 oleh Elsen Tan dan Ibu Aing. Keahlian mereka dalam bidang kuliner didapatkan dari pendidikan di Jepang dan Perancis selama delapan tahun. “Pada mulanya Jesslyn K. Cakes didirikan di Pantai Indah Kapuk sebagai training center. Setelah tiga bulan berjalan, outlet pertama pun dibuka di Lippo Karawaci pada November 2003,” terangnya.

Jesslyn K. Cakes & Cafe BTM, lanjut Widodo, memiliki variasi produk yang cukup banyak. Selain menjual kue dan roti untuk langsung dibawa pulang, gerai itu juga menyediakan meja dan tempat duduk sehingga berkonsep kafe. “Kami juga menyediakan menu-menu minuman, seperti hot dan ice chocolate, hot dan ice cappuccino, serta kopi,” jelasnya.

Di samping menjual menu kue dan roti yang sudah siap santap, imbuh Widodo, tempat yang turut dikelolanya itu juga menerima pesanan pembuatan kue. “Bagi pelanggan yang ingin dibuatkan kue sesuai keinginan mereka, kami siap menerima minimal tiga hari sebelumnya,” terangnya seraya menambahkan, harga yang ditawarkan disesuaikan dengan jenis kue yang dipesan.

Keunggulan kue dan roti ala Jesslyn K. Cakes & Cafe, menurut Widodo tidak hanya citarasanya yang lezat, namun juga sangat baik untuk kesehatan. Kualitas dan penggunaan bahan-bahan impor asal Jepang dan Eropa, tambah Widodo, merupakan prioritas utama produk yang dihasilkan. “Kami tidak menggunakan bahan pengawet dan pewarna makanan,” tegasnya.

Bahkan, imbuh Widodo, Jesslyn merupakan produsen roti pertama di Indonesia yang memiliki produk roti untuk kesehatan, antara lain untuk kesehatan jantung seperti apricot delight. “Ada juga roti untuk kesehatan pencernaan, dan untuk menjaga berat badan, serta roti rendah glukosa untuk penderita diabetes,” paparnya.

Menu-menu yang disediakan Jesslyn, dikatakanWidodo ditawarkan dengan harga yang kompetitif mulai Rp 4.000. “Untuk harga, kami sesuaikan dengan standar kualitas. Meski segmentasi pasar Jesslyn banyak dari kalangan middle-up, kami juga menyesuaikan dengan kalangan pengunjung BTM,” ujarnya.

Penasaran dengan citarasa yang disuguhkan Jesslyn K. Cakes & Cafe BTM, akhirnya satu Cappuccino Bun seharga Rp 6.500 pun saya pesan. Menu yang termasuk katagori roti itu, memiliki bentuk yang lonjong mirip bola rugby berwarna coklat. Bentuk yang sangat menarik perhatian saya, sehingga terpilih sebagai menu icip-icip.

Kelembutan Cappuccino Bun ternyata sangat mantap. Tekstur rotinya menyuguhkan citarasa Amerika yang begitu kental. Krim mocca yang terdapat di tengah-tengah roti itu tersaji dengan porsi yang cukup banyak. Meski demikian, kentalnya krim mocca tidak sampai membuat eneg bagi yang menyantapnya.

Warna coklat roti Cappuccino Bun, menurut Widodo, didapat dari campuran kopi dan susu yang biasanya memang digunakan untuk meracik minuman cappuccino. Namun, menurut lidah ini, rasa cappuccinonya sangat jauh menerawang. Mungkin, lebih cocok dinamakan Mocca Bun, karena rasa mocca yang terkandung dalam krimnya begitu kental terasa.

Secara keseluruhan, roti icip-icip ala Jesslyn K. Cakes & Cafe BTM memang menawarkan citarasa high class yang patut direkomendasikan. Porsinya pun cukup menendang rasa kenyang pada perut. Dan dijamin, Cappuccino Bun tidak bikin perut jadi tambun.

Rudi D. Sukmana

Tidak ada komentar: