Senin, 07 Juli 2008

Gurame Tahu Tausi, Lauk Rame Tahu Jeung Isi

Bogor, Jurnal Bogor

Daerah Bogor berbatasan dengan tiga provinsi besar di Indonesia, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Selain itu, Bogor juga bersinggungan langsung dengan Depok, Cianjur, Bekasi, Tengerang, Sukabumi dan Jakarta. Karena itu, tak heran perkembangan kulinernya pun cukup beragam.

Akan tetapi ada satu jenis masakan yang cukup fenomenal, yaitu Chinesse Food. Jenis masakan yang berasal dari Negeri Tirai Bambu itu, dapat dikatakan menembus batas. Pasalnya, hampir di setiap tempat makan menghadirkannya dengan citarasa berbeda-beda. Salah satunya ialah Rumah Makan Saung Kuring.

Rumah Makan yang berlokasi di Jl. Raya Puncak Km.75, Cipayung, Bogor itu, menyajikan Chinesse Food dengan perpaduan Sundanesse Food. Contohnya ialah, Ikan Gurame Tahu Tausi yang cukup digandrungi pelanggan.

Dalam rangka mengobati rasa keingintahuan terhadap hal tersebut, beberapa waktu lalu satu tim petualang kuliner mencoba mengungkap sensasi rasa dari masakan tersebut. Sebelum mencicipi, tampilan dan aromanya yang menggiurkan cukup membuat lidah ini semakin penasaran.

Dan ternyata rasa daging gurame yang manis dan gurih cukup menonjol, sebab kulitnya yang digoreng terlebih dahulu memberikan kekenyalan saat ritual pengoyakan dalam mulut. Selain itu, sayur asinnya pun kian mengobarkan nafsu makan. Tahap beriktunya ialah melumat habis sapo tahu yang sudah dirasuki bumbu tausi. Kelembutannya yang super duper itu, tak sulit melewati kerongkongan ini. Pokoknya asooy!!

Untungnya saya menyuka rasa asin, sebab secara keseluruhan Ikan Gurame Tahu Tausi didominasi rasa asin. Uniknya, bawang bombay dan cabe merah disajikan dengan irisan kasar, sehingga intisarinya sangat meresap di daging gurame dan sapo tahu. Hal itu juga cukup memanjakan lidah ini.

Menurut Sesiliawati, pengelola Saung Kuring, jenis masakan ini memang banyak ditempat lain, namun citarasa yang diberikan Saung Kuring cukup berbeda. “Sebab saya cukup selektif dalam memilih gurame, selain kebersihan, saya berusaha semaksimal mungkin agar gurame tidak bau tanah. Bahan-bahan campurannya juga menggunakan kualitas terbaik, serta dalam pengolahan dicampur dengan bumbu rahasia yang menambah citarasa dan dijamin halal,” pungkasnya.

Julvahmi/Nasia Freemeta

Tidak ada komentar: