Selasa, 08 Juli 2008

Menu Andalan Bambula

Sensasi Rasa Menu Kreasi

Bogor, Jurnal Bogor

Menurut Cindy R. Bengardi, general manager Resto Bambula Steak and Grill, pada awalnya usaha yang turut dikelolanya itu mengusung nama Bambula Resto and Cafe yang dibuka sejak Oktober 2005.

“Sejak Januari 2008 lalu, kami mengganti nama menjadi Resto Bambula Steak and Grill, karena kami fokus menyediakan menu-menu steak dan grill,” ujar Cindy kepada Jurnal Bogor, belum lama ini.

Hadir untuk warga Bogor dan pendatang dengan mengambil lokasi di Jl. Pajajaran Indah, resto itu menghadirkan berbagai jenis steak berkualitas, seperti daging sapi kualitas Harvey dari Australia yang sudah terkenal bagi penggemar steak. “Kami juga menyediakan banyak pilihan daging lokal, seperti tenderloin, daging kambing, ayam, dan ikan yang cara memasaknya dengan dibakar atau grill,” papar Cindy.

Untuk para vegetarian, lanjut Cindy, resto itu juga menghidangkan menu grill dari beberapa jenis jamur yang dibakar dengan ramuan bumbu yang sangat sederhana. Beberapa menu andalan dari jamur, seperti Mushroom Salad, Grilled Mushroom with Tofu, dan Spaghetti Confungi, merupakan masakan-masakan inovatif hasil kreasi dari crew masak yang dikoordinir oleh beberapa orang Chef.

Ketika singgah di tempat itu, bir kocok langsung tersedia sebagai welcome drink. Rasa bir kocok itu penuh dengan nuansa jahe, namun karena disajikan dingin, kesegarannya langsung terasa di lidah.

Bruschetta, roti khas asal Itali pun lalu dicicipi. Makanan pembangkit selera itu memang cocok sebagai makanan pembuka. Bruschetta yang disajikan resto itu dibuat dari roti tawar beroleskan pasta tomat dan diberi selembar daun menthol, ada pula Bruschetta yang dibuat dari roti tawar beroleskan chili mayonaise yang diaduk dengan smoked beef dan kacang kedelai. Sungguh sangat menerbitkan nafsu makan.

Saya juga berkesempatan untuk mencicipi beberapa satu main menu yang disediakan resto itu, yakni Mushroom Salad, Grilled Mushroom with Tofu, dan Spaghetti Confungi, yang dihidangkan di atas satu piring berukuran besar.

Penataannya yang sangat menarik bagaikan penampilan kelas atas ala hotel berbintang. Tidak hanya itu, citarasa dari menu-menu yang disajikan hasil kreasi tim juru masak resto itu pantas diacungkan jempol.

Salah satu yang istimewa adalah kesegaran sayurannya. Mushroom Salad yang disajikan di atas selembar daun selada berukuran besar dan melengkung membentuk seperti mangkuk itu, citarasa sayurannya sangat segar. Lalapan dedaunan ala bule itu sangat terasa sekali ketika digigit di dalam mulut.

Keistimewaan pun muncul dari citarasa menu Grilled Mushroom with Tofu dan Spaghetti Confungi. Dasar lidah ini memang lidah Sunda, kurang pas rasanya bila tidak ada citarasa pedas yang tampil memanjakan lidah. Tak ayal, menu-menu itu pun dibanjur saus sambal dengan porsi yang cukup untuk membuat bulir-bulir keringat ini mengembun di kening.

Nyatanya, selera nusantara mampu hadir bersama suguhan menu-menu berbahasa asing di telinga itu. Secara keseluruhan, menu-menu utama yang disediakan Resto Bambula Steak and Grill memang layak menjadi andalan resto itu.

Upacara bersantap pun dilengkapi dengan menghidangkan menu-menu penutup. Satu gelas ice cream kombinasi yang dinamai The Bold and The Beautiful serta adonan ubi merah goreng yang diberi nama Bambula Surprise pun didatangkan dari dalam kitchen.

Dari segi inovasi dan kreasi, ice cream kombinasi itu memang menawarkan satu hidangan yang menarik. Sedangkan dari segi citarasa, cukup bolehlah. Hanya saja, citarasa pernak-perniknya, seperti mutiara, pacar cina, kacang merah, jagung, puding, kolang-kaling, potongan buah lechy, dan potongan buah strawberrynya menjadi pudar karena citarasa ice cream yang kuat menohok relung rasa.

Menu Bambula Surprise sendiri, sebenarnya merupakan penganan yang mirip seperti kolak biji salak. Hanya saja, ‘biji salak-biji salak’ itu tidak direndam air kolak, melainkan digoreng. Penyajiannya pun dengan menaburi tepung gula layaknya kue mochi.

Yang membedakan dengan ‘biji salak’ biasa adalah, di dalam menu kue bernama Bambula Surprise itu, ternyata ditanamkan sepotong keju. Meski citarasa keju itu tidak bahu-membahu dengan citarasa ubi merah, sebagai makanan penutup menu itu memang layak dinamakan kejutan.

Seusai berpetualang rasa di Resto Bambula Steak and Grill, tak heran bila resto itu selalu ramai dikunjungi. Menu-menu yang disediakan, nyatanya penuh dengan kreasi dan inovasi yang berani menantang para petualang rasa mendapatkan citarasa dan sensasi baru dalam menikmati hidangan kuliner di tempat itu.

Rudi D. Sukmana

Tidak ada komentar: