Selasa, 08 Juli 2008

Bale Jajan Bang Ocang

Sensasi Ekstrim Pancake Ice Cream

Bogor, Jurnal Bogor

Meski langit berawan, Kota Bogor tercinta penuh bermandikan cahaya matahari yang sangat terik. Dan lagi-lagi, hareudangna suhu membuat leher ini kerontang bagai mencekik urat-urat leher menuntut disiram dengan satu kesejukan.

Kebetulan petualang rasa jati kembali melewati Jl. Raya Bangbarung, sehingga tuntutan kondisi leher ini membuat saya membelokkan arah ke satu tempat kuliner yang memiliki nama cukup unik, yaitu Bale Jajan Bang Ocang. Tempat makan yang berlokasi di Jl. H. Achmad Sobana No.23 Indraprasta II Bogor itu, mudah dikenali karena memasang patung si Cepot di depan pintu masuknya.

Suasana di dalam tempat makan Bale Jajan Bang Ocang cukup nyaman, kental dengan nuansa minimalis. Beberapa barang gerabah asli Yogyakarta terpajang rapi di atas sebuah meja kayu panjang. Di dinding, beberapa lukisan terpasang dengan bandrol di salahsatu sudut framenya, menandakan lukisan itu dijual.

Menurut Benjamin Harijanto, pemilik Bale Jajan Bang Ocang, tempat makan yang dikelolanya itu sudah dibuka sejak Juni 2007. “Namun karena masih banyak perubahan dan penambahan di sana-sini. Terakhir, Januari lalu kami hadir dengan konsep baru kami,” ungkap Ben, sapaan akrab Benjamin Harijanto.

Dikatakan Ben, sebagai tempat untuk menikmati hidangan, Bale Jajan Bang Ocang juga menawarkan fasilitas free karaoke, free movie yang mengakses Indovision, dan live music di setiap akhir minggu. “Kami juga telah menambah fasilitas internet wireless hotspot dalam sejak Maret lalu,” jelasnya.

Resto kafe yang terdiri dari dua lantai itu, dikatakan Ben, memiliki kapasitas 80 tempat duduk. “Bang Ocang sudah beberapa kali dijadikan tempat meeting dan arisan. Beberapa waktu lalu, lebih dari seratus orang hadir pada acara gathering sebuah perusahaan,” paparnya seraya menambahkan, hal itu sesuai dengan strategi manajemen yang membidik segmen keluarga dan karyawan.

Dengan konsep semi kafe, lanjut Ben, para pengunjung bisa berleha-leha melepas lelah di tempatnya. “Fasilitas-fasilitas yang kami sediakan memang sengaja disajikan untuk para tamu sehingga tamu yang datang memiliki pengalaman lain daripada tempat yang biasa,” tuturnya.

Menu yang disediakan Bale Jajan Bang Ocang lebih dari 100 jenis masakan dan minuman. Menurut Ben, pada awalnya tempatnya hanya menyediakan menu masakan tradisional khas Sunda dan Jawa. Namun seiring dengan permintaan pasar, akhirnya beragam menu pun turut disediakan, seperti masakan oriental dan masakan Itali. “Yang jelas, tetap dengan citarasa yang sesuai dengan lidah orang Indonesia,” tukasnya.

Meski menu favorit pengunjung cukup banyak, Bale Jajan Bang Ocang mengandalkan Nasi Bakar Empal dan Nasi Goreng Bang Ocang. “Makaroni Kroket pun menjadi menu andalan kami, karena banyak dipesan pengunjung tempat kami,” ungkap Ben.

Harga menu makanan dan minuman sendiri, dikatakan Ben, tidak lebih mahal dari Rp. 20.000. “Menu termahal saat ini justru menu yang menjadi favorit pengunjung, yaitu Nasi Bakar Empal dan Nasi Goreng Bang Ocang,” paparnya. Sedangkan untuk menu minuman termahal, lanjut Ben, adalah cappuccino shake dan cappuccino float seharga Rp. 17.000.

Tertarik dengan salah satu citarasa menu yang ditawarkan, akhirnya Pancake Ice Cream seharga Rp 15.000 pun tersaji di atas meja. Tampilan sajian menu itu sendiri sangat menarik selera. Menurut Awan Pramudiaman, Chef Bale Jajan Bang Ocang, meski menu-menu itu banyak ditemukan di tempat makan lain, soal rasa sangat berbeda, karena telah diracik lagi secara khusus oleh krew Bang Ocang.

Baik, saatnya icip-icip. Pancake Ice Cream yang disajikan memiliki rasa ice cream yang sangat kuat. Memang demikianlah sifat ice cream, selalu tampil di depan bila dipadu dengan sebuah menu baik makanan maupun minuman. Rasa pancakenya sendiri menjadi bias dengan citarasa ice cream.

Meski demikian, ketika kue pancake disantap tanpa ice cream, ternyata memiliki rasa yang cukup luar biasa. Kelembutan pancakenya sangat terasa dalam setiap kunyahan. Rasa manis pancakenya pun dibuat sangat pas. Sayang juga bila dipadu dengan citarasa ice cream yang memang egois. Namun, menu itu yang memang saya pesan karena hari begitu panas.

Secara keseluruhan, kelezatan Pancake Ice Cream ala Bale Jajan Bang Ocang sangat sarat dengan rasa manis. Selain pancake yang bercitarasa manis dan tiga bola ice cream sebagai topingnya, masih ditambah pula dengan simple syrup dan susu kental manis coklat. Ajib siah.

Menikmati menu yang disediakan Bale Jajan Bang Ocang, memang sangat layak direkomendasikan sebagai salah satu tempat bersantap yang bersuasana nyaman. Sensasi citarasa manis Pancake Ice Cream yang disuguhkan sangatlah ekstrim. Meuni semelehoy.

Rudi D. Sukmana

Tidak ada komentar: