Sabtu, 11 Oktober 2008

Mengikuti Simulasi Table Manner Bogor Hotel Institute

Bogor, Jurnal Bogor

Ketua Program Studi Diploma 3 Bogor Hotel Institute (BHI), Sukma Nuryadinata mengatakan, pada dasarnya konsep menu dibagi menjadi dua, yakni modern dan klasik. Untuk menu klasik, memiliki 14 set menu, antara lain salad, fish, chicken, beef, soup, dessert, dan ice cream.

”Sedangkan konsep menu modern merupakan penyederhanaan dari konsep menu klasik, yakni appertizer, soup, main course, dessert, dan tea or coffee,” ujar Sukma kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Dikatakan Sukma, teori dan praktik kuliner yang diajarkan di BHI, selain nantinya bisa untuk digunakan di hotel dan restoran, juga bisa digunakan untuk apartemen, rumah sakit, kafe, dan juga dapat digunakan untuk mereka yang memiliki jiwa enterprenuership.

Menghadiri acara simulasi table manner yang diadakan di Kampus 2 BHI Jl. Jalak Harupat kemarin (26/7), benar-benar mampu membuat perut saya membuncit kenyang. Betapa tidak, para mahasiswa yang baru masuk BHI sudah mempraktekkan kebolehan mereka menjamu dan membuat sajian kuliner yang cukup menggoda.

Sesaat setelah duduk, saya langsung dilayani bagaikan tamu rumah makan ternama. Tak lama sebuah French Roll hadir beserta French Butter sebagai pembuka. Lalu Green Salad with Thousand Islands Sauce pun hadir menyapa dengan kesegaran yang ditampilkannya.

Setelah itu, berturut-turut, Cream Soup with Corn, Chicken Maryland, dan ditutup dengan English Fruit Cake with Vanilla Ice Cream silih berganti tersaji di hadapan. Sajian yang dihidangkan memiliki cita rasa yang cukup lumayan bagi para pemula. Masih banyak kekurangan di sana-sini, tapi secara keseluruhan sudah patut diacungkan jempol.

Menurut Wakil Direktur II Bidang Job Training Mahasiswa & Marketing BHI, Arie Setiawan, para mahasiswa baru tersebut dikenalkan dengan praktik langsung table manner yang biasa dipakai untuk acara-acara kenegaraan, seperti gala dinner atau round table. “Karena ini merupakan kali pertama buat mereka, bila terjadi kesalahan hal itu sah-sah saja, untuk perbaikan mereka selanjutnya,” tandas Arie.

Rudi D. Sukmana

Tidak ada komentar: