Selasa, 01 April 2008

Susu Kacang Khas Jembatan Merah

Bogor, Jurnal Bogor

Warga Bogor yang sering melewati Jembatan Merah, pasti sudah tidak asing lagi dengan penjaja es susu kacang yang biasa mangkal di depan Toko Dunia. Penjual es susu kacang itu, Basuki Wibowo menamakan usahanya yang sudah digeluti sejak tiga tahun lalu dengan nama Es Susu Kacang Sari Murni.

Menurut Basuki, setiap harinya 4 kilogram kacang kedelai dibutuhkannya sebagai bahan utama untuk membuat susu kacang. “Sebelumnya, saya berjualan mie ayam, tapi sekarang sudah merasa pas berjualan susu kacang ini,” ujar Basuki kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Basuki menuturkan, awalnya ia hanya membutuhkan satu kilogram kacang kedelai untuk membuat susu kacang. Setelah dua tahun berjualan, ia mampu menghabiskan 6 kilogram kacang kedelai setiap harinya. “Namun semenjak kenaikan harga kacang kedelai, saya hanya mampu maksimal 4 kilogram saja,” ungkapnya.

Kecuali Minggu, setiap harinya Basuki berjualan susu kacang mulai pukul 17.30. “Saya berjualan sampai habisnya saja, yang penting tidak lebih dari jam 11.30,” ujarnya seraya menambahkan, satu gelas susu kacang dijualnya dengan harga Rp 1.500.

Selain susu kacang, Basuki juga menjual bandrek dan es susu aneka rasa, seperti susu rasa melon, durian, nangka, strawberry, dan anggur, dengan harga Rp 2.000. “Saya juga menyediakan susu ovaltine atau milo yang dijual Rp 2.500 per gelas,” jelasnya.

Lelaki yang hobi memasak itu mengatakan, dengan empat kilogram kacang kedelai, mampu membuat dua termos besar susu kacang. “Yang namanya jualan, kadang ramai, kadang sepi. Kalau ramai, saya bisa membawa pulang Rp 250.000,” ujar ayah tiga anak itu.

Basuki juga mengatakan, sejak pergantian tahun omzet penjualannya stagnan, bahkan cenderung menurun. “Semakin hari, pembeli semakin berkurang. Mungkin faktor kesulitan ekonomi masyarakat yang membuat dagangan saya beberapa bulan terakhir ini sepi,” keluhnya.

Udara dingin Kota Bogor di malam hari, mampu terusir dengan segelas kehangatan yang menyegarkan dari susu kacang hasil olahan Basuki. Selain menyajikan kehangatan dan kesegaran, sudah tentu juga menyehatkan. Rasa susu kacangnya sendiri? Silakan coba, dijamin puas.

Rudi D. Sukmana

Tidak ada komentar: