Senin, 31 Maret 2008

Kue Ultah, Penuh Krim Lebih Disuka

Bogor, Jurnal Bogor

“Potong kuenya, potong kuenya, potong kuenya sekarang juga, sekarang juga, potong kuenya”. Demikian sebuah lagu modifikasi dari lagu Panjang Umurnya yang dirubah liriknya untuk menyemangati seseorang yang sedang merayakan ulang tahun memotong kue dan segera membagikan kue kepada undangan yang hadir.

Perayaan atau pesta ulang tahun sendiri, konon sudah menjadi tradisi sebagian besar masyarakat Indonesia. Pada sebuah pesta ulang tahun, tentunya tidak akan pernah lepas dengan urusan kuliner. Beragam menu masakan akan dihidangkan di acara itu, seperti nasi kuning, ayam goreng, permen-permen, sampai minuman sirup atau es kelapa muda.

Salah satu sajian kuliner yang tidak lepas dari pesta ulang tahun, yaitu kue ulang tahun. Kue yang biasanya berbentuk kue tart, yaitu kue cake yang dilapisi toping krim dan dihiasi berbagai bentuk mulai dari bentuk lucu untuk pesta ulang tahun anak-anak, hingga bentuk yang lebih romantis untuk pesta ulang tahun remaja, terutama yang berulangtahun ke tujuhbelas sudah dipastikan akan hadir menyemarakkan acara itu sendiri.

Betapa tidak, semaraknya acara ulang tahun akan semakin meriah dengan menyanyikan lagu tersebut di atas bersama-sama sambil bertepuk tangan. Yang sedang berulangtahun pun tampak bahagia atas atensi tamunya. Meski tangannya sudah siap memotong kue, tetapi akan sengaja menunggu sampai para undangan selesai menyanyikan lagu itu.

Kue ulang tahun, biasanya berukuran lebih dari 25x25 centimeter. Favorit kue ulang tahun sendiri umumnya memiliki citarasa coklat. Black Forest merupakan kue ulang tahun yang cukup banyak digemari untuk disajikan pada pesta itu.

Setelah kue dipotong, biasanya yang empunya hajat akan membagi-bagikan kue ulang tahun itu kepada semua tamu yang hadir. Sangat lucu melihat para tamu yang kebetulan anak-anak kecil menikmati santapan khas itu, karena umumnya anak-anak menyukai kue ulang tahun yang banyak krimnya. Krim kue itu sudah pasti akan menghias wajah polos mereka, terutama sekitar mulut.

Apapun pendapat beragam tentang pesta ulang tahun, anak-anak biasanya sangat menyenangi hari lahirnya diperingati dengan mengundang teman-teman untuk bersama-sama bernyanyi, bermain, dan bersantap bersama. Sebagai salah satu bentuk syukur dengan bertambahnya usia, pesta ulang tahun dengan kue tartnya yang pasti akan habis dibagi-bagikan itu merupakan media ampuh untuk mengasah rasa sosial.

Rudi D. Sukmana

Tidak ada komentar: