Minggu, 30 Maret 2008

DePlanter’s Tempatnya Ngopi di Bogor

Tahu Muter DePlanter’s Meuni Lekker

Bogor, Jurnal Bogor

DePlanter’s yang dibuka sejak 8 Desember 2007 lalu, ternyata banyak menyediakan menu-menu inovasi hasil kreasi sendiri. Sebagai tempatnya ngopi di Bogor, kafe itu memang memiliki suasana yang nyaman untuk dikunjungi dan melepas lelah sambil mencicipi menu-menu yang ada.

Menurut Latif Munandar, Kasir merangkap Juicer DePlanter’s, nama DePlanter’s berasal dari Bahasa Belanda yang berarti kebun. “Bahkan, pemilik berencana untuk merubah layout tempat ini, sehingga lebih menampilkan suasana kafe di tengah kebun,” ujar Latif kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Kafe yang dimiliki oleh JM Anggoro itu, dibuka setiap hari mulai jam 10.00 sampai jam 22.00. “Kafe kami biasanya ramai setelah Maghrib. Apalagi kalau malam Minggu, kami sampai harus menyediakan meja dan kursi tambahan, karena biasanya kami menggelar DJ di sini,” ungkap Latif.

Saat ini, kafe yang dikelola 10 crew itu masih terus melakukan inovasi-inovasi menu baru yang layak untuk menjadi pilihan sajian bagi para pengunjungnya. Salah satu menu hasil inovasi DePlanter’s, kue putu, ditampilkan dengan bentuk kotak dan memiliki lima aneka rasa, gula merah, coklat, kacang, keju, dan ketan hitam.

Satu porsi menu kue putu dibandrol dengan harga Rp. 5.000. Pemesan menu ini akan mendapatkan lima buah kue putu dengan lima aneka rasa. “Kami sedang mengembangkan inovasi kue putu kreasi DePlanter’s. Bila disetujui, dalam waktu dekat kami akan menyediakan menu kue putu goreng,” ungkap Latif.

Menu unggulan DePlanter’s sendiri, sesuai dengan nama yang diusungnya, menyediakan minuman kopi beraneka rasa yang dibagi menjadi dua sajian, panas dan dingin. Pengunjung dapat memilih jenis kopi yang disuka, seperti hot coffee espresso seharga Rp. 10.000, hot coffee latte seharga Rp. 12.500, atau hot coffee cappuccino seharga Rp. 13.500.

Latif juga mengatakan, kopi yang diracik merupakan biji kopi pilihan yang berasal dari Wamena Papua. Rasa kopinya sangat berbeda dengan rasa kopi yang biasa ditemui di berbagai tempat. “Biji kopi dari jenis Arabica itu langsung digiling dan dijadikan minuman,” ujarnya.

Selain hot coffee, ice coffee pun disediakan dengan harga mulai Rp. 11.000 sampai Rp. 15.000 untuk lima pilihan rasa, seperti ice coffee latte, ice coffee latte mint, dan ice coffee mocca. “Andalah kami adalah hot coffee latte dan ice coffee latte mint, karena sangat disuka dan merupakan favorit pengunjung tempat kami,” ujar Latif.

Minuman dengan rasa berbeda pun disediakan di kafe itu. Chocolate, minuman herbal, juice, dan milkshake, dikatakan Latif memiliki penggemar masing-masing. Menu-menu itu dijual dari harga Rp. 10.000 sampai harga Rp. 15.000. “Dari jenis menu minuman yang kami sediakan, masing-masing memiliki andalan yang merupakan favorit pilihan pengunjung,” ungkapnya.

Untuk menu makanan, DePlanter’s menyediakan pancake, special food, dan menu jajanan seperti kue putu, tahu muter, kentang goreng, sosis solo, bitterballen, dan pisang goreng. Pancake disediakan dalam tujuh macam rasa, diantaranya ice cream, pisang coklat, pisang keju, jagung, dan strawberry. Untuk special food, The Planter’s menyediakan sop buntut, iga bakar, steak ayam dan steak sapi, serta nasi bakar.

Menu makanan dijual dengan harga mulai Rp. 3.000 untuk sepiring nasi putih sampai Rp. 20.000 untuk seporsi sop buntut, iga bakar, dan steak. “Pengunjung banyak menyukai pancake jagung, iga bakar, dan tahu muter ala The Planter’s,” ujar Latif.

Tertarik dengan promosi dari Latif, Jurnal Bogor pun memesan tahu muter dan coffe latte. Kurang dari sepuluh menit kemudian, menu-menu yang dipesan pun tersaji di atas meja. Tahu muter ternyata memiliki penampilan yang unik, mirip seperti bakso. Menurut Latif, dikatakan tahu muter karena waktu penggorengan, tahu itu selalu berputar di atas minyak goreng.

Rasanya, wow.. lekker. Sekilas ada rasa bakso ikan pada gigitan pertama, selanjutnya mirip seperti tahu pong. Apalagi disajikan dengan secawan sambel kecap yang dibuat dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, daun jeruk purut, dan kecap manis. Sangat pas, sangat padu. Benar-benar inovasi menu yang layak untuk direkomendasikan.

Hot coffee latte memiliki rasa yang umum. Rasa yang banyak ditemukan di berbagai kafe lain. Namun karena suasana yang disajikan memiliki kenyamanan tersendiri, serta rasa tahu muter yang sangat lekker itu, hot coffee latte ala DePlanter’s cukup menghadirkan kenikmatan yang memanjakan rasa.

Dapat dikatakan, DePlanter’s yang memiliki sitting capacity mencapai 40 orang dengan fasilitas meeting room yang mampu menampung lebih dari 50 orang itu, layak dikatakan tempatnya ngopi di Bogor. Meuni lekker.

Rudi D. Sukmana

Tidak ada komentar: