Minggu, 27 April 2008

Paradisso Café & Resto

Mencicipi Bread Flower Ala Eropa

Bogor, Jurnal Bogor

Food and Beverage Manager Paradiso Café & Resto Elly Palisunan mengatakan, restokafe yang terletak di dalam Country Club Bukit Cimanggu City itu pada awalnya hanya berbentuk kafetaria bagi para pengunjung Water Adventure Marcopolo. “Berbentuk kafetaria sudah sembilan tahun lalu, sedangkan menjadi Paradisso Café & Resto sejak empat tahun lalu,” uncap Elly kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Dikatakan Elly, Paradisso Café & Resto merupakan satu kesatuan usaha dari Country Club Bukit Cimanggu City yang memiliki beberapa unit usaha, seperti Water Adventure Marcopolo, Fit For Two Fitness Center, Function Room, dan fasilitas olahraga lainnya. “Untuk Paradisso, luasnya lebih dari 500 meter persegi dengan kapasitas yang mampu menampung hingga 200 pengunjung,” paparnya.

Tempat itu pun, imbuh Elly, sering menerima reservasi dari para pelanggan, seperti arisan dan family gathering. “Kami juga menerima pemesanan lunch box, delivery service, dan catering untuk berbagai acara, seperti pesta pernikahan, buffet, dan acara-acara kedinasan,” terangnya.

Selain berbagai pelayanan yang disediakan, Elly menambahkan, Paradisso juga menyediakan ruang karaoke yang dapat digunakan dengan gratis bagi pengunjung yang memesan makanan dan minuman di tempat yang turut dikelolanya. “Ruang karakoke ada di lantai atas, di dalam function room yang biasa digunakan untuk meeting perusahaan,” jelasnya.

Menu-menu yang disediakan Paradisso Café & Resto, dikatakan Elly, tidak lebih dari 50 makanan dan minuman. Menu unggulan restokafe itu, imbuhnya, adalah Mie Sapi Lada Hitam yang ditawarkan dengan harga Rp 17.500 dan Chicken Golden Blue yang memiliki harga Rp 27.500. “Chicken Golden Blue merupakan menu makanan Eropa berupa chicken filled gulung yang di dalamnya diberi smoked beef dan keju slice. Penyajiannya disertai dengan saus-saus dan mayones,” ucapnya.

Menu-menu yang disajikan, lanjut Elly, diracik oleh tiga orang Cook dan satu Chef. “Tempat kami memiliki satu Chef yang sudah sangat berpengalaman dan spesialis menu-menu Eropa bernama Radjiman. Sedangkan kafe ini sendiri memiliki jumlah karyawan sebanyak 26 orang, termasuk tiga orang supervisor,” paparnya.

Harga-harga yang ditawarkan untuk para pengunjung, tambah Elly, mulai dari Rp 11.000 sampai Rp 32.000 untuk menu-menu makanan. Untuk menu minumannya, dibandrol dengan harga yang tidak melebihi Rp 20.000. “Harga-harga menu makanan dan minuman di tempat kami, dijamin sangat terjangkau bagi para pengunjung. Sesuai dengan citarasa dan kenyamanan yang disajikan,” tukasnya.

Selain menu-menu yang ditawarkan, Elly menambahkan, Paradisso Café & Resto juga menyediakan beragam menu bakery yang dibuat sendiri oleh para krew masak kafe itu, dan diberi brand Bread Flower. Lebih dari 50 jenis roti, kue, dan donat disediakan bagi pengunjung dengan harga yang bervariasi, mulai Rp 5.000. “Kami juga menerima pesanan pembuatan kue ulang tahun atau kue pernikahan di sini,” lanjutnya.

Sambil menuturkan tentang Paradisso Café & Resto, segelas juice sirsak dan sepiring roti pun tersaji di hadapan. “Silakan dicoba, citarasa menu yang kami sajikan ini,” ujar Elly. Tiga potong roti di hadapan, terdiri dari dua potong roti keju dan sepotong roti coklat pun dicicipi. Rasa yang disuguhkan, sangat mirip dengan citarasa roti Bogor Permai. Citarasa roti ala Eropa yang memiliki tekstur padat, yang sangat berbeda dengan citarasa roti ala Amerika yang memiliki tekstur ringan, seperti roti yang disuguhkan BreadTalk.

Keunikan dari roti bercitarasa Eropa, terutama sangat sesuai dengan lidah dan kapasitas perut orang Indonesia. Mungkin, karena sejarah bangsa ini yang pernah menjadi daerah koloni salah satu bangsa di Eropa, sehingga roti ala Eropa terasa lebih akrab di lidah dan cepat membuat perut kenyang.

Juice sirsak yang disuguhkan, sebenarnya memiliki rasa yang segar. Kenikmatan buah sirsaknya sangat terasa dan tanpa pemanis tambahan. Hanya sayangnya, di siang hari yang panas, juice sirsak itu terasa kurang dingin di mulut. Mungkin ice cube yang diberikan tidak terlalu berani. Meski demikian, untuk menjadi penyejuk tenggorokan yang kering, juice yang disajikan mampu membawa kesegaran.

Dari sajian yang disuguhkan untuk menjadi tester itu, ditambah dengan suasana tempat dan pelayanan yang diberikan, Paradisso Café & Resto sangat layak untuk dijadikan salah satu tempat pilihan bagi warga Bogor yang mendambakan citarasa makanan dan minuman yang istimewa dengan suasana tempat yang nyaman.

Rudi D. Sukmana

Tidak ada komentar: