Jumat, 28 Maret 2008

Asinan Lengkap Kantin Sari

Asinan Kota Bogor yang Paling Seuhah

Bogor, Jurnal Bogor

Salah satu ikon kuliner Kota Bogor yang sudah terkenal kemana-mana adalah asinan. Asinan Bogor, banyak disuka para penggemar jajan karena selain citarasanya yang memang enak, jenis olahan makanan satu itu mampu membuat orang yang mencicipinya jadi ketagihan.

Beberapa tempat yang menjual asinan di Kota Bogor bahkan memiliki reputasi nama yang dicari para penantang rasa. Asinan Gedung Dalam misalnya, setiap akhir minggu dan hari libur selalu diontrog pembeli dari dalam dan luar Kota Bogor, sehingga sering menimbulkan kemacetan lalulintas jalan di sekitar tempat itu.

Salah satu tempat yang menyediakan menu asinan khas Bogor yang memiliki rasa tak kalah dengan rasa Asinan Gedung Dalam, yaitu Asinan Lengkap Kantin Sari. Tempat yang berlokasi di Jl Suryakencana No.73 itu, ternyata menyajikan citarasa asinan yang mampu menggoyang lidah.

Menurut Yeti Suryanti, pengelola Asinan Lengkap Kantin Sari, usaha kuliner yang ikut dikelolanya itu sudah dijalankan sejak 1960. “Usaha ini, merupakan usaha turun temurun. Bahkan, citarasa asinan kami sebenarnya menjadi trendsetter asinan lain yang sudah terkenal di Kota Bogor,” ujar Yeti kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Menu asinan yang disediakan di Kantin Sari itu, seperti lazimnya menu asinan yang telah ada, terdiri dari dua pilihan, yaitu asinan buah dan asinan sayur. “Satu porsi asinan harganya Rp 10.000, baik yang menu buah maupun menu sayur,” jelas Yeti.

Salah satu keistimewaan asinan buah yang disajikan Kantin Sari, yaitu terbuat dari ramuan sebelas macam buah-buahan, yang terdiri dari bengkuang, nanas, ubi merah, pepaya, salak, jambu air, jambu batu, menteng, anggur Bogor atau canar, kedondong, dan mangga.

“Sebenarnya, buah-buahan itu berjumlah limabelas macam. Tapi karena beberapa buah sangat tergantung pada musimnya, yang tetap ada sebelas macam buah-buahan,” ungkap Yeti seraya menambahkan, lobi-lobi, kupa, gandaria, dan kemang merupakan buah-buahan penyerta asinannya yang sangat tergantung pada musim.

Asinan sayur pun memiliki paduan yang lengkap seperti halnya asinan buah. “Asinan kami dikenal sebagai asinan lengkap, karena memadu lebih dari sepuluh jenis buah-buahan atau sayur-sayuran dalam satu porsi asinan,” tukasnya.

Citarasa asinan terletak pada kuahnya. Hal itu yang sangat diperhatikan oleh Asinan Lengkap Kantin Sari. Rasa kuahnya sendiri sangat segar, dan sangat seuhah. Mampu membuat orang yang menyantapnya ingin lagi, dan lagi, karena ketagihan.

Rudi D. Sukmana

Tidak ada komentar: