Minggu, 04 Mei 2008

MM Juice

Minuman Melawai Nan Aduhai

Bogor, Jurnal Bogor

MM Juice yang pertama saya kenali citarasanya, sewaktu saya masih tinggal di Kota Tangerang. Pada waktu itu, karena seringnya berpetualang kuliner, saya sempat mendapat peringatan dari dokter, karena kadar kolesterol yang meninggi dan menjadikan saya stroke ringan. Untuk itu, saya diharuskan berpuasa dari segala makanan yang mengandung lemak dan setiap hari wajib menjalani fisioterapi di salah satu Rumah Sakit swasta ternama di kota itu.

Dari situlah, awal perkenalan saya dengan MM Juice. Sebagai salah satu tenant di RS itu, MM Juice menjadi tempat favorit saya melepas rasa lapar dengan menyantap kentang dan kol tanpa bumbu siomai serta beberapa juice buah non fat, sambil menunggu giliran untuk mendapatkan terapi. Saya pun menjadi pelanggan tetap MM Juice sampai terapi selesai selama tiga bulan.

Setelah sekian tahun berlalu, ketika berkunjung ke Matahari Plaza Jl. Soleh Iskandar saya melihat MM Juice membuka tempatnya di lantai dasar plaza itu. Mendadak, timbul juga rasa kangen untuk mencicipi kembali citarasa yang disajikan MM Juice. Dengan ringan, kaki pun melangkah menuju stand itu.

Dua karyawan pun menyambut dengan ramah. Setelah saya sampaikan tujuan saya, mereka menyetujui untuk diliput Jurnal Bogor. Saya pun segera memesan satu porsi nasi putih, mie goreng sea food, satu buah siomai, dan juice durian kopyor. Sambil menunggu pesanan rampung, Anni Surtini, kasir MM Juice menjawab pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan dengan ramah.

Dikatakan Anni Surtini, MM Juice merupakan singkatan dari Minuman Melawai Juice yang berkantor pusat di Jl. Melawai Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. MM Juice, lanjutnya, tidak difranchisekan melainkan membuka cabang-cabang yang saat ini telah tersebar di beberapa kota besar di seluruh Indonesia. “Di Kota Bogor, MM Juice ada di dua tempat, yaitu di Bogor Indah Plaza dan yang terbaru di Matahari Plaza,” ujar Anni kepada Jurnal Bogor, kemarin.

MM Juice Matahari Plaza, imbuh Anni, dibuka setiap hari mulai pukul 8.00 sampai pukul 22.00. Tempat itu menyediakan delapan meja yang masing-masing mempunyai empat kursi. Selain itu, juga disediakan tempat duduk yang berjejer menghadap meja besar stand MM Juice. “Krew yang bertugas di tempat ini, berjumlah enam orang, terdiri dari dua juicer, satu waitress, dan tiga cooker,” terangnya.

Menu yang disediakan MM Juice Matahari Plaza, tambah Anni, tidak lebih dari 100 jenis masakan dan minuman. “Di beberapa tempat MM Juice lain, menu yang ditawarkan mencapai lebih dari 100 jenis masakan dan minuman,” jelasnya seraya menambahkan, tempat yang turut dikelolanya itu menyediakan menu-menu favorit pilihan mengunjung.

Anni juga mengatakan, MM Juice memiliki menu-menu yang sangat digandrungi para pengunjung. Beberapa diantaranya adalah siomai, mie ayam, juice alpukat, dan juice strawberry. “Untuk menu makanan, kami jual dengan harga mulai Rp 12.000 sampai Rp 45.000. Sedangkan menu minuman, kami jual mulai harga Rp 8.000 sampai Rp. 22.000,” paparnya.

Menu pertama yang dipesan pun hadir di hadapan. Sepotong siomai yang telah dibalur dengan bumbu kacangnya. Tanpa menunggu lama, menu itu pun langsung disantap. Bumbu kacangnya terasa agak kelebihan dalam memberikan garam, namun rasa udang pada siomainya cukup mengangkat. Bumbu kacang siomainya memang diracik tidak terlalu halus, berbeda dengan bumbu kacang siomai Abah Bujal, yang citarasanya paling dahsyat yang pernah saya rasakan.

Siomai seharga Rp 4.500 per potong itu secara keseluruhan menyuguhkan citarasa yang cukup lumayan. Belum habis siomai disantap, nasi putih dan mie goreng sea food pun tersaji di hadapan diiringi segelas juice durian kopyor yang berwarna putih.

Selesai dengan urusan siomai, tanpa jeda saya langsung menyenduk mie goreng sea food. Mie goreng yang penuh dengan campuran mie, toge, irisan daun bawang, potongan acar mentimun dan wortel, potongan cumi, bakso ikan, dan udang itu dengan cepat masuk ke dalam mulut. Ada rasa sedikit pahit dari bumbu yang diracik, sepertinya bumbu bawang-bawangannya agak terlalu banyak diberikan, atau terlalu matang ditumisnya.

Dua menu pilihan telah saya cicipi dan habiskan, namun belum juga saya menemukan kepuasan rasa. Akhirnya, juice durian kopyor pun saya seruput. Mm.. citarasa juice itu cukup membalur kekecewaan saya terhadap dua menu masakan yang telah ludes saya santap. Meski saya merasakan ada campuran essense dari juice durian kopyor yang disajikan, secara keseluruhan juice durian kopyor yang ditawarkan MM Juice cukup memiliki citarasa istimewa.

Selesai semua pesanan ludes tandas, Rp 55.500 pun saya rogoh untuk membayar menu-menu pesanan saya. Dikatakan Anni, rata-rata pengunjung yang singgah ke MM Juice membayar Rp 20.000 per orang. “Di tempat kami, rata-rata pengunjung per hari mencapai 30 orang di hari biasa. Sedangkan Sabtu dan Minggu bisa dua sampai tiga kali lipatnya,” pungkasnya.

Rudi D. Sukmana

Tidak ada komentar: